Senin, 24 November 2008

FOTA Godok Aturan Baru Soal Kualifikasi

entry-content'>


LONDON - Asosiasi Tim Formula One (F1) FOTA berencana merancang format baru untuk aturan laga kualifikasi balap jet darat menjelang pertemuan mereka, 4 Desember mendatang.

Seperti dilansir Autosport, Senin (24/11/2008), FOTA memang sedang mencoba memodifikasi laga kualifikasi yang terbagi atas tiga sesi, dua sesi diantaranya menggunakan sistem gugur.

Ide barunya, seluruh mobil F1 akan turun lintasan bersama dan mengikuti aturan duel yang sama. Tentu saja, pembalap yang lambat otomatis tereliminasi.

Setelah melahap 14 lap, enam pembalap terdepan praktis bertarung memperebutkan pole posisi. Mereka akan menggunakan tipe ban baru, namun masih mengkonsumsi volume bahan bakar yang sama.

Proposal format kualifikasi baru itu termasuk penerapan sistem poin untuk penentuan pole posisi dan tentu saja sejumlah uang sebagai hadiah.

Format yang dipakai sekarang dinilai tidak praktis. Yakni, sepuluh pembalap tercepat berjuang hingga sesi final, dengan volume bahan bakar ditentukan sendiri oleh tim. Akhirnya, pemenang laga kualifikasi ditentukan dari mobil dengan volume bahan bakar terkecil.

Tidak ada komentar: